MWC NU Bekasi Utara Merawat Tradisi Berziarah Makam Para Ulama

Pada tanggal 10 Muharram 1445 H. atau bertepatan pada tanggal 28 Juli 2023, Majelis Wakil Cabang (MWC) NU Bekasi Utara menyelenggarakan kegiatan ziarah serta istighotsah bersama para pengurus, Camat Bekasi Utara, Polsek serta Dandim. Turut hadir pula Pemenang Santri Inspiratif bidang Entrepreneur, H. Sudjatmiko.

Kegiatan ini merupakan bagian dari pengamalan yang termaktub di dalam kitab ulama (Kanzun Najah was Surur) tentang anjuran untuk mengerjakan beberapa hal di hari Asyura, antara lain berpuasa, sholat sunnah, menjenguk orang sakit, mendatangi (berziarah) kepada ulama, bersedekah, mengusap kepala anak yatim dan lainnya.

Diawali dengan berziarah ke maqam KH. Muchtar Thabrani (Tokoh NU) di Bekasi Utara, Ust. M. Nur Choliq, S.Pd. (Ketua MWC NU Bekasi Utara) memimpin pembacaan tawassul kepada para muassis dan ulama nahdliyyin, kemudian dilanjutkan dengan tahlil dan doa. Acara puncak diselenggarakan di maqam Eyang Guru Suhaimi yang merupakan ulama sekaligus penyebar Islam terdahulu di Bekasi (saat itu belum terpisah antara Kabupaten dan Kotamadya).

Besar harapan agar warga nahdliyyin di Bekasi Utara khususnya memiliki semangat untuk menghidupkan tradisi yang dibangun oleh para leluhur dan berorientasi kepada kemajuan zaman.