Pembukaan acara Pendidikan Dasar Pendidikan Kader Penggerak Nahdhatul Ulama

Pembukaan acara Pendidikan Dasar Pendidikan Kader Penggerak Nahdhatul Ulama (PD-PKPNU) PCNU Kota Bekasi dilaksanakan pada hari Juma’at tanggal 23 Desember 2022 dengan diikuti oleh 58 peserta mewakili 12 kecamatan se-Kota Bekasi  yang bertempat di Asrama Haji Embarkasi Kota Bekasi.

Dimulai dengan pembacaan kalam ilahi yang di lantunkan oleh sahabat Fadli Faza, dan di lanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Syubhanul Wathon yang di pandu oleh sahabati Entin Setiati dari Fatayat, yang selanjutnya laporan dan arahan dari Panitia dan para tamu yang hadir dalam acara pembukaan PD PKPNU PCNU Kota Bekasi Angkatan pertama tersebut.

Turut Hadir dalam acara tersebut: Dewan Instruktur PBNU KH. Masyhuri Malik, ketua PWNU Jawa Barat KH. Juhadi Muhamad, SH , Rais Syuriah PCNU Kota Bekasi Abuya KH. Mir’an Syamsuri, ketua PCNU Kota Bekasi KH. Madinah HL ,S.Ag,.MM dan Katib PCNU Kota Bekasi ust Ayi Nurdin,SH.I.,MH.

Dalam sambutannya, ketua panitia ust. Alit Jamaludin, SE ( wakil ketua bidang kaderisasi PCNU Kota Bekasi ) menyatakan bahwa PD PKPNU adalah kaderisasi formal yang dicanangkan oleh PBNU

PCNU Kota Bekasi sudah melakukan kaderisasi MKNU dan melahirkan 3 angkatan sedangkan PKPNU 4 angkatan. Penyelenggaraan PD PKPNU sebagai bukti samina waathana PCNU Kota bekasi kepada PBNU bahwa semua jajaran PCNU Kota Bekasi dari tingkat PC hingga ranting wajib mengikuti kaderisasi formal yang diawali oleh PD PKPNU dan PD PKNU adalah level pertama dalam pendidikan formal yang ada di tubuh NU

Katib PCNU Kota Bekasi ust Ayi Nurdin,SH.I.,MH. Menyampaikan bahwa Baznas tidak ada apa apanya tanpa peran kiyai dan para tokoh ulama untuk optimalisasi moral dan struktural dalam pengelolaan zakat, dan salah satu komitmen BAZNAS adalah  bersinergi dan mensupport kegiatan dakwah, sehingga LAZISNU dan BAZNAS bisa dikolaborasikan sehingga dapat lebih dimaksimalkan guna dakwah Ahlusunnah waljamaah.

Sementara Ketua PCNU Kota Bekasi KH. Madinah HL ,S.Ag,.MM  mengucapkan terimakasih kepada BAZNAS, Pengurus Asrama Haji Kota Bekasi, Para Tamu yang hadir, Panitia Pelaksana dan berharap dapat menjalankan amanah, mendukung dan mensupport peran LP maarif dalam pesantren, dan peserta dapat mengikuti kegiatan dengan baik sehingga dapat mengetahui NU yang sebenarnya dan bermanfaat untuk masyarakat.

Dalam sambutannya ketua PWNU Jawa Barat KH. Juhadi Muhamad, SH mengutip perkataan gusdur : klasifikasi orang NU. Orang yang dari jam 6 pagi sampai jam 6 sore mengurusi NU disebut orang yang “Cinta NU”. Orang yang hingga jam 12 malam masih mengurusi NU itu namnya “Gila NU”. Orang yang lewat jam 12 malam masih mengurusi NU, itu disebut “NU Gila”.

Menjadi pengurus NU tidak wajib, namun ketika sudah menjadi pengurus NU maka wajib mengurusi NU

Di pulau jawa, orang yang NU yang tertinggal dibandingkan provinsi lainnya adalah jawa barat, dikarenakan hal-hal yang kompleks, ini menjadi PR untuk bisa mengejar ketinggalan.

Beliau menyempatkan hadir dan membatalkan acara lainnya mengingat pentingnya acara PD PKPNU di Kota Bekasi ini. Beliau sangat mengapresiasi kegiatan PD PKPNU yang dilakukan oleh PCNU Kota Bekasi, dan berharap PCNU yang lainnya dapat mengikuti jejak PCNU Kota Bekasi dalam melaksanakan PD PKPNU, dan juga memberikan informasi  bahwa PWNU Jawa Barat berencana akan mengadakan Pendidikan Instruktur Wilayah, sehingga beliau sangat berharap PCNU Kota Bekasi bias mengirimkan utusannya

 “Dari PD PKPNU melahirkan tunas baru yang menjadi basis untuk kota bekasi “ Begitu pesan Dewan Instruktur PBNU KH. Masyhuri Malik yang selanjutnya beliau membuka secara resmi acara Pendidikan Dasar Pendidikan Kader Penggerak Nahdhatul Ulama (PD-PKPNU) PCNU Kota Bekasi Angkatan Pertama, selanjutnya acara di tutup dengan Do’a oleh Rais Syuriah PCNU Kota Bekasi Abuya KH. Mir’an Syamsuri yang hadir dalam acara tersebut.