Semangat Membangun Cianjur Kembali Makmur : PCNU Kota Bekasi Peduli Bencana Gempa

Rangkaian Giat Peduli Korban Gempa Cianjur PCNU Kota Bekasi yang diselenggarakan sejak hari Jumat tanggal 16 sampai dengan 17 Desember 2022 selain menyerahkan bantuan berupa uang tunai, air mineral, makanan pokok, dan pakaian juga menitik beratkan pada therapy healling dan pengobatan serta pemeriksaan kesehatan bagi warga yang merupakan korban terdampak.

Setibanya di kantor PCNU Kabupaten Cianjur pada hari Jumat pukul 22.00 WIB tim relawan menyerahkan secara simbolis bantuan kepada pihak satgas bencana.

Sabtu, pukul 09.30 tim relawan PCNU Kota Bekasi didampingi satgas PCNU Kabupaten Cianjur menuju lokasi terjadinya gempa dan menemukan secara langsung puing-puing yang berserakan akibat reruntuhan rumah warga.

Tempat pertama yang didatangi ialah Pondok Pesantren Nurul Huda. Beberapa kasur lantai, mie instan dan air mineral diberikan kepada santri yang menjaga Posko. Salah satu warga sekitar yang merupakan korban bercerita bahwa pada awalnya mereka tidak menyadari terjadinya gempa bumi, dikarenakan kejadiannya tidak seperti umumnya gempa, rumah yang ditempati seolah terbang dan membantingkan diri. Kemudian pandangan menjadi gelap dipenuhi abu reruntuhan. Hal demikian seolah mengingatkan kita tentang kandungan surah al-Zalzalah yang menceritakan kejadian hari kiamat.

Tepat saat adzan sholat zuhur berkumandang, tim relawan mendatangi desa Cugenang untuk menyerahkan bantuan dan juga mengajak anak-anak melakukan berbagai permainan sebagai upaya menghilangkan trauma. Tim HypNU Therapy yang diketuai oleh Kang Duna, Bang Opik, Bang Asep dan Kak Aci serta tim Media Therapy IPNU Kota Bekasi disambut gembira dan penuh antusias.

Dikesempatan yang sama juga dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh Kak Veronica, Kang Wildan dan Tim LKNU Kota Bekasi. Seorang nenek berusia 95 tahun turut mendatangi posko kesehatan. Pada saat kejadian, beliau tertimpa genteng sehingga menyebabkannya mendapat 10 jahitan di tangan kirinya.

Kegiatan berakhir pada pukul 14.30 WIB., seluruh tim relawan PCNU kembali kerumah dengan berharap agar sesuatu yang dilakukannya mendapat keridhaan dari Allah SWT.